Coating kertas decal dengan tinta pigment POSTED BY KERAMIK88 POSTED ON 20.07 4 COMMENTS Memakai tinta pigment pada printer epson, sangat cocok untuk kertas decal apapun. sebab tinta ini tidak luntur bila direndam air. Meskipun harganya hampir 3 X lipat dibanding tinta biasa ( dye). Masih lebih murah dibanding tinta sublime. Pemakaian coating setelah dicetak pada kertas decal adalah keharusan, yang berguna untuk mengangkat gambar agar bisa dipindahkan ke permukaan media. Bila menggunakan printer penggunaan coating memakai spray clear, jenis spray clear yang cocok bisa anda baca disini. Bila memakai teknik sablon, menggunakan tinta keramik, dan dibakar sampai suhu 600 derajat, coatingnya menggunakan Cover Coat atau Film Solution. Coating ini akan menguap pada suhu 500 derajat dan menyisakan tinta keramiknya. Saat ini yang akan saya bahas adalah penggunaan spray clear untuk kertas decal dengan tinta pigment. Satu kaleng spray pilox harganya sekitar 18-20 rb. dan bisa untuk beberapa lembar ukuran A4. Dan mungkin sebagian besar pembaca keramik88, kadang kesulitan untuk mendapatkan clear merk pilox yang sering saya sarankan. Hari ini, tepat hari Kemerdekaan Republik Indonesia, saya terbebas dari ketergantungan dengan pilox. Karena hari ini saya menemukan bahan coating yang cocok dengan decal dan tinta pigment. Bahan coating ini saya beri nama : Coating Pigment. Suatu bahan pasti ada kelebihan dan kekurangannya dibanding dengan bahan/produk lainnya. Tetapi kali ini saya merasa tertolong dengan coating pigment ini. Masalah yang paling besar adalah tidak memerlukan pemanasan yang tinggi, sudah cukup kuat. Cara kerjanya seperti ini : 1. Cetak kertas decal dengan printer Epson ber Tinta Pigment. 2. Siapkan spon, bisa segala warna, gunting atau iris dengan cutter seperti pada foto dibawah ini. 3. Celup ujung yang tajam kedalam cairan coating pigment. Oleskan pada pada bagian gambar saja ( cara ini lebih menghemat dibanding spray clear ). Perhatikan foto dibawah ini. Bila menghendaki lebih tebal pencelupan bisa lebih dalam agar cairan yang terbawa lebih banyak. Perhatikan foto dibawah ini menunjukkan sebagian saja ( 1 gambar ) yang saya coating ( permukaan yang lebih mengkilap ) Biarkan kering sendiri selama 1 jam . Jangan langsung menggunakan Hairdryer karena permukaan menjadi tidak halus. Bila terpaksa akan menggunakan hairdryer, tunggu sampai agak kering baru pakai hairdryer. 4. Coating permukaan mug, gelas, kaca, kayu, aluminium, memakai cairan coating pigment, menggunakan spon spt diatas, bisa hanya sebagian saja ( lebih lebar dikit dari gambar ) , tidak perlu seluruh permukaan. Biarkan kering selama 1 jam. 5. Gunting gambar pada kertas decal, rendam dalam air, sampai bisa digeser. Lihat caranya disini 6. Setelah ditempel diatas permukaan media( yang sudah dicoating juga) , anda bisa menggunakan Hairdryer untuk mengeringkan. Untuk hasil yang maksimal masukkan dalam oven roti dengan suhu hanya 50-100 derajat selama 10-15 menit. Pada percobaan saya, memakai oven roti listrik, saya masukkan gelas kaca, mulai saya hidupkan, setting 50 derajat, timer saya setting 30 menit. Setelah alarm berbunyi, oven saya buka, gelas dikeluarkan dan didinginkan. Hasilnya lumayan kuat. Tips: Melapis cairan coating pigment harus merata tebalnya. Bila tidak, bagian yang tipis bisa sobek. Selain spon, bisa menggunakan kuas yang halus, dan hasil yang maksimal adalah menggunakan spraygun menggunakan kompressor. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini